JESO GAME EDUCATION

 


 

Media Jeso Game Education  merupakan salah satu  dari lima inovasi yang dimiliki Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Purwantoro  dan mendapatkan penghargaan Wonogiri Inovation Award Tahun 2020 dengan menduduki peringkat 3 untuk kategori UPTD. 

Sumbangan kecil inovasi ini setidaknya ikut andil dalam mensukseskan  Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam menyabet penghargaan bergengsi dengan meraih Anugerah Pemerintah Daerah Inovatif Kategori Kabupaten se-Indonesia tahun 2020.

Baca Penganugrahan Wonogiri Innovation Award Tahun 2020 di https://wonogirikab.go.id/penganugrahan-wonogiri-innovation-award-tahun-2020/

Media Jeso Game ini dibuat oleh Tijan Purnomo guru dari SDN 1 Gondang. Media yang sederhana ini juga telah mengantarkan sang pembuatnya yaitu Tijan Purnomo sebagai Finalis Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional  Tahun 2017 yang di laksanakan di Kota Bali.

Menurut Tijan Purnomo,  Ide Dasar pembuatan media ini berawal dari sebuah pemikiran bahwa siswa merasa jenuh, jika pembelajaran hanya dilakukan dengan cara membaca, menghafal, dan mendengar. Pada saat pembelajaran sifat wajib Allah, siswa yang memiliki kemampuan hafalan rendah cenderung pasif, tidak memiliki motivasi belajar. Hal ini menyebabkan hasil belajar menjadi kurang maksimal. untuk bisa mendapatkan hasil belajar yang maskimal diperlukan inovasi dalam pembelajaran. Inovasi bisa dalam bentuk inovasi model, metode, ataupun media. Dengan menggunakan media permainan diharapkan siswa akan lebih senang untuk belajar. Konsep dasar penyusunan media ini adalah bahwa anak lebih senang jika pembelajaran dilakukan dengan metode permainan atau Game Education.

Pada awal kemunculanya di tahun 2017 media  Jeso Game Education hanya menggunakan tehnik hyperlink yang ada pada slide powert point 2010. Kemudian di tahun 2019 mulai dikembangkan dengan media berbasis aplikasi android dan juga berbasis html5. Diharapkan dengan pengembangan media ini, akan mempermudah para pengguna dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis game ini.

 

Proses penemuan diawali dengan berkembangnya media-media game edukasi yang ada pada saat ini. Game edukasi yang ada sering kali hanya memuat untuk mata pelajaran umum seperti matematika, IPA, bahasa, dan lain-lain. Untuk media game edukasi di bidang agama islam khususnya, lebih banyak pada meteri huruf  hijaiyah, tajwid, dan fiqih. Game ini biasanya didapatkan melalui penyedia layanan aplikasi hp android.

Dalam kegiatan pembelajaran sebelum menggunakan media Jeso Game Education, guru melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Guru menyampaikan materi sifat wajib Allah, dengan menggnakan metode yang sudah ditentukan. Setelah kegiatan berlangsung, dilanjutkan kegiatan diskusi kelompok untuk mendalami materi sifat wajib Allah. Dalam kegiatan diskusi inilah siswa dihadapkan pada sebuah masalah yaitu menjawab soal-soal sifat wajib melalui sebuah media Game.


Dampak dari penggunaan Media Jeso Game Education  adalah 1) Aktivitas dan Hasil  belajar sifat wajib Allah pada siswa menjadi meningkat, 2) Kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan, 3) Metode pembelajaran yang digunakan guru menjadi lebih bervariatif.

Media ini  mengkondisikan siswa belajar dan bekerja sama dengan siswa lainnya untuk menghadapi tantangan soal sekaligus melatih  kemampuan berpikir cepat untuk menjawab tantangan tersebut. Muatan materi dari media pembelajaran ini adalah sifat wajib Allah . Meskipun demikian ide dari pembuatan media ini bisa digunakan untuk pembuatan media sejenis dengan materi lain yang memerlukan keterampilan menghafal.